Sejarah Pembentukan Varietas Unggul Kedelai Wilis




https://www.tokopedia.com/sumak/benih-kedelai-varietas-wilis-kemasan-20-kilogram?trkid=f=Ca0000L000P0W0S0Sh00Co0Po0Fr0Cb0_src=shop-product_page=1_ob=11_q=_catid=1655_po=32

Kedelai (Glycine max Merr) varietas "Wilis" dile­pas tahun 1983, oleh Balai Penelitian Tanaman Pangan Bogor. wilis berasal dari galur F4 persilangan varietas No. 1682 de­ngan Orba, yang disilangkan di Bogor pada tahun 1975. Ketu­runan dari persilangan diseleksi dengan metode seleksi massa berstrata berdasarkan umur matang, mulai generasi F2 sampai F4. Pembuatan galur murni dilakukan pada generasi F4. Galur yang terbaik adalah No. 1682/1343-1-1-0, yang kemudian dile­pas sebagai varietas baru, dengan nama Wilis.
Dari 18 ling­kungan percobaan, wilis menghasilkan rata-rata 1626 kg/ha, sedang varietas pembanding Orba 1311 kg/ha, dan varietas lokal 1269 kg/ha. Umur matang Wilis 88 hari, tipe batang tegap dan tidak mudah rebah. Ukuran bijinya kecil, berwarna kuning seragam dengan hilum warna coklat tua. wilis cocok ditanam pada lahan bekas padi sawah dengan pengolahan minimal atau tanpa pengolahan tanah. Kecambah mempunyai vigor yang baik, pertumbuhannya cepat, dan dapat tumbuh baik pada lahan ber­drainase kurang baik. Diharapkan Wilis dapat menggantikan varietas lokal Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Kemuxnian benih penjenis dipertahankan di Balai Penelitian Tanaman Pa­ngan Bogor.

Oleh: Surnamo, Darman M. Arsyad, A. Dimyati, Rodiah, Ono Sutrisno and Dahro.
Dokumen lengkap

Benih kedelai varietas wilis klik disini
Benih kedelai varietas anjasmoro klik disini
Benih kacang tanah varietas gajah klik disini
Benih kacang tanah varietas garuda klik disini   
Bibit benih bawang merah varietas bauji klik disini 
Bibit benih bawang merah varietas tajuk klik disini 
No comments

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan