Six Simple System Hydroponic





1.    System Wick
Sistem Wick merupakan yang paling sederhana dari sistem hidroponik. Ini merupakan sistem pasif, yang berarti tidak ada bagian yang bergerak. Larutan nutrisi dapat masuk ke dalam media tumbuh tumbuhan dari reservoir melalui sumbu. Sehingga inti dari sistem ini adalah akar tanaman harus dihubungkan dengan air nutrisi melalui sumbu. 
 



2.  Water Culture

Sistem Water Culture adalah yang paling sederhana dari semua sistem hidroponik aktif. Platform yang digunakan untuk tempat media tanaman biasanya terbuat dari styrofoam dan mengapung langsung pada larutan nutrisi. Perlunya penambahan pompa udara yang dimasukkan kedalam larutan nutrisi sehingga timbul gelembung udara dan memasok oksigen ke akar tanaman.

Namun sistem semacam ini tidak bekerja dengan baik untuk tanaman besar atau dengan tanaman jangka panjang
 





















  3. Ebb & Flow (Flood & Drain)

Ebb & Flow bekerja dengan metode membanjiri baki tumbuh dengan larutan nutrisi secara sementara dan kemudian menguras kembali air nutrisi tersebut ke dalam reservoir. Pengaliran dan pengurasan air nutrisi ini biasanya dilakukan dengan menggunakan pompa terendam yang terhubung ke timer.

Ketika timer menginstruksikan pompa pada larutan nutrisi ON maka air dipompa ke dalam baki tumbuh tanaman sampai overflow. Ketika timer menginstruksikan pompa OFF maka larutan nutrisi mengalir kembali ke dalam reservoir. 



4.  Drip System (Recovery / Non- Recovery)

Sistem Drip mungkin merupakan jenis yang paling banyak digunakan sistem hidroponik di dunia. Operasi sistem ini sangat sederhana, yaitu timer mengontrol pompa yang terendam dalam larutan nutrisi untuk dialirkan (di teteskan) ke tanaman.

Terdapat dua jenis sistem drip yaitu recovery dan non-recovery. Drip recovery menambahkan media (saluran) yang dapat mengalirkan kembali air nutrisi yang sudah di teteskan ke dalam bak penampungan pompa, sedangkan non-recovery tidak memiliki saluran.



5.  Nutrient Film Technique (NFT)

Ini merupakan sistem hidroponik kebanyakan orang pikirkan ketika mereka berpikir tentang hidroponik. Sistem ini memiliki aliran larutan nutrisi yang konstan sehingga pompa terus bekerja sepanjang waktu untuk mengalirkan air nutrisi. Larutan nutrisi dipompa ke dalam media tumbuh (biasanya tabung) sehingga aliran air nutrisi menyentuh akar tanaman, dan kemudian mengalir kembali ke reservoir.

 



 6. Aeroponic
Sistem aeroponik mungkin jenis teknologi yang paling tinggi untuk sistem hidroponik. Seperti N.F.T. sistem ini memiliki metode akar tanaman menggantung di udara dan diberi kabut dengan larutan nutrisi. Pengkabutan ini biasanya dilakukan setiap beberapa menit dengan memasang timer pada pompa agar akar tanaman selalu basah dengan larutan nutrisi.









Tabel pemberian pupuk nutrisi hidroponik AB Mix klik disini
Pupuk nutrisi hidroponik AB Mix sayur daun klik disini 
Pupuk nutrisi hidroponik AB Mix buah merambat klik disini
Pupuk nutrisi hidroponik AB Mix sayur buah klik disini
Pupuk nutrisi hidroponik AB Mix sayur cabai klik disini
Pupuk nutrisi hidroponik AB Mix sayur umbi klik disini
Pupuk nutrisi hidroponik AB Mix sayur bunga klik disini    
Pupuk nutrisi hidroponik AB Mix sayur batang klik disini  
No comments

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan